ANTIOXIDANT ACTIVITY OF PENTUL PACING (Costus spicatus) LEAVES AND SPRINGS EXTRACT BY USING THE DPPH METHODS

  • Asep Roni Fakultas Farmasi, Universitas Bhakti Kencana

Abstract

Antioksidan memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit degeneratif dalam tubuh, sehingga menjaga dan melindungi kesehatan tubuh. Mekanisme kerja senyawa antioksidan ini terletak pada kemampuannya untuk menangkap radikal bebas di dalam tubuh, mencegah timbulnya penyakit degeneratif. Salah satu tanaman yang diyakini memiliki aktivitas antioksidan adalah tanaman pacing pentul (Costus spicatus). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana kandungan senyawa antioksidan dalam tanaman pacing pentul (Costus spicatus). Proses ekstraksi dilakukan melalui metode refluks bertingkat dengan menggunakan pelarut n-heksana, etil asetat, dan etanol 96%, yang memiliki tingkat kepolaran yang berbeda. Pengujian secara kualitatif dilakukan menggunakan metode kromatografi lapis tipis (KLT), sementara penentuan nilai IC50 DPPH dilakukan melalui spektrofotometri UV-Vis dengan panjang gelombang 516nm. Asam askorbat (Vitamin C) digunakan sebagai standar dalam uji aktivitas antioksidan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari daun pacing menunjukkan aktivitas antioksidan tertinggi dengan nilai IC50 sebesar 107,606 µg/mL, mengindikasikan bahwa ekstrak tersebut termasuk dalam kategori aktivitas antioksidan sedang. Sementara pada rimpang pacing, nilai IC50 pada ekstrak etanol mencapai 200,974 µg/mL, yang menunjukkan kategori aktivitas antioksidan lemah.

Published
2023-12-31
How to Cite
Roni, A. (2023). ANTIOXIDANT ACTIVITY OF PENTUL PACING (Costus spicatus) LEAVES AND SPRINGS EXTRACT BY USING THE DPPH METHODS. Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia, 10(2), 27-32. https://doi.org/10.48177/bimfi.v10i2.115

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.